Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Tidak Ada Strategi Khusus Tangani Karhutla, Pemkab Siak Anggarkan Rp500 Juta

Tidak Ada Strategi Khusus Tangani Karhutla, Pemkab Siak Anggarkan Rp500 Juta

by Petah - Jumat, 12 Februari 2021

Foto : Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau

SIAK, Petah.id - Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau beberapa pekan terakhir menjadi atensi dari berbagai pihak.

Untuk hal itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak gelontorkan Rp500.000.000 untuk penanganan karhutla.

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak, Syafrizal, angka tersebut lebih kecil dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp1.000.000.000.

" Kita anggarkan Rp500.000.000 juta untuk penanggulangan Karhutla di Siak, jumlah tersebut lebih kecil dibanding tahun sebelum-sebelumnya," kata Kepala BPBD Siak, Syafrizal, Kamis (11/2/2021).

Anggaran tersebut, kata Syafrizal, tidak termasuk dalam gaji pokok petugas pemadam kebakaran serta tidak untuk peningkatan sarana dan prasana.

" Anggaran tersebut dikhususkan untuk penanggulangan karhutla di Siak saja, seperti honor petugas di lapangan diluar gaji pokok," ungkapnya.

Saat ini, tambah Syafrizal, pemerintah daerah juga sedang mempersiapkan Surat Keputusan (SK) tentang siaga Karhutla, mengingat sudah banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Siak.

" SK nya tinggal nunggu teken dari Bupati Siak saja," jelasnya.

Menurut Syafrizal, pihaknya tidak ada menyiapkan sesuatu hal yang khusus dalam menghadapi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Siak.

"Ya sama seperti sebelum sebelumnya, kita paling cuma melakukan penanggulangan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan,dan imbauan-imbauan ke masyarakat," jelasnya.



Laporan : Ph1
Editor : And