Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Polisi Terus Selidiki Penyebab Karhutla di Siak

Polisi Terus Selidiki Penyebab Karhutla di Siak

by Petah - Jumat, 12 Februari 2021

Foto : Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau

SIAK, Petah.id  - Polres Siak terus melakukan penyelidikan terhadap kasus terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang mendera Kabupaten Siak, Provinsi Riau sepekan terakhir.

Dikatakan Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardyanto, pihaknya saat ini sedang menyelidiki salah seorang pemilik lahan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

" Ada salah satu pemilik lahan yang  terbakar di Kecamatan Sungai Apit itu kita selidiki hingga sampai saat ini, dan kita sudah mengantongi namanya, sebab sumber api itu memang dari lahan milik salah seorang warga di sana," ungkap Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahardyanto, Rabu (10/2/2021) petang.

Si pemilik lahan, tambah Kapolres, sedang bekerja di luar kota, namun beberapa saksi mengatakan istri si pemilik lahan sedang melakukan bakar-bakar sampah di kebunnya sehingga api itu membesar.

" Ada saksi yang melihat proses terjadinya kebakaran hutan dan lahan disana," tambahnya.

Saat ini, kata AKBP Gunar, kasus terjadinya karhutla di Kecamatan Sungai Apit itu sudah mengarah bahwa lahan tersebut diduga memang dibakar.

"Hasil dari informasi yang kita himpun kasus itu sudah mengarah kepada dugaan dibakar," kata Dia.

Sementara itu, untuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak aparat kepolisian terus mengumpulkan informasi terkait sumber api dan lahan tersebut milik siapa.


"Belum ada saksi-saksi yang melihat. Kita melakukan menghimpun informasi terkait kepemilikan lahan dan sumber api," jelasnya.

Disampaikan AKBP Gunar, lokasi kebakaran hutan dan lahan yang jauh dan masuk ke arela hutan menjadi kendala pihak kepolisian mendapat saksi.

"Tapi polisi tentunya punya strategi untuk mengungkap itu," tegasnya.

Kendati demikian, kata Kapolres, jika itu perorangan dan bukan lahan milik perusahaan, pihaknya tentu akan melihat sejauh mana niatan si pelaku pembakar lahan yang menyebabkan terjadinya karhutla.

Untuk diketahui, sepekan terakhir di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, belasan hektar hutan dan lahan dilalap si jago merah. Mulai dari Kecamatan Sungai Apit, Mempura dan Dayun. 

Untuk jenis tanah yang terbakar pun semuanya sama yakni di atas tanah gambut.

Laporan : Ph1
Editor : And