Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Lahan Terbakar di Bunga Raya Disebut Masuk Wilayah HGU PT TKWL

Lahan Terbakar di Bunga Raya Disebut Masuk Wilayah HGU PT TKWL

by Petah - Rabu, 24 Maret 2021

Foto : Kebakaran Hutan dan Lahan di Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak.

Siak, Petah.id -  Polres Siak terus melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak.

Kendati api sudah padam total, namun proses hukum terus berjalan guna menegakkan keadilan dan rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardyanto menyebutkan bahwa lahan yang terbakar di Bunga Raya tersebut merupakan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT TKWL.

" Karhutla di Kampung Temusai itu masuk dalam HGU PT TKWL akan tetapi itu belum ada izin pelepasan dari Mentri,karena itu masih dalam Hutan Produksi Konversi," kata Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardyanto.

Dijelaskan Kapolres Siak Gunar, Hutan Produksi Konversi pengelolaannya harus mendapat izin dari kementrian, sementara di sepadan lahan yang terbakar tersebut juga sudah dikuasai oleh masyarakat.

Ditambahkannya, pihaknya tidak hanya menggunakan satu perundang-undangan saja dalam menyikapi persoalan karhutla.

" Kami akan mencari peraturan-peraturan lain guna menjerat pelaku atau pemilik lahan yang lahannya terjadi kebakaran," tegasnya.

Menurut Kapolres Siak Gunar Rahardyanto, saat ini pihaknya menduga pemilik lahan adalah satu aktor penyebab terjadinya karhutla.

"Apabila kebakaran terjadi di lahannya patut diduga kemungkinan pelakunya adalah pemilik lahan tersebut," ungkapnya.

Pada peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya itu, setidaknya puluhan hektar hutan dan lahan terbakar.

Akibat kebakaran tersebut, selama 4 hari asap membumbung tinggi ke langit di Bunga Raya. Tim gabungan dari Manggala Agni Siak, BPBD Siak, Kepolisian Polres Siak, TNI, Masyarakat Peduli Api, dan perangkat desa berjibaku memadamkan api.

Laporan : Ph1
Editor : And