Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Kontak Tani Nelayan Andalan Bersama PT Kimia Tirta Utama Kembangkan Tanaman Jambu Kristal

Kontak Tani Nelayan Andalan Bersama PT Kimia Tirta Utama Kembangkan Tanaman Jambu Kristal

by Petah - Rabu, 07 April 2021

SIAK, Petah.id - Kontak Tani Nelayan Andalan, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak beserta tim CSR PT Kimia Tirta Utama melakukan penanaman bibit jambu kristal. 

Ketua KTNA Kecamatan Koto Gasib Hendro Satrioko mengatakan bantuan ini menjadi solusi untuk terus mengembangkan potensi usaha masyarakat dan poktan yang ada di Kecamatan Koto Gasib dan khususnya di desa penyangga atau ring satu PT KTU.

Jambu kristal banyak diminati masyarakat karena rasanya yang renyah, manis, tidak berbiji dan mengandung vitamin. Melalui program CSR  PT KTU memberikan bantuan 200 batang bibit jambu kepada KTNA di Kecamatan Koto Gasib.

Bantuan bibit jambu ini diserahkan Asisten CSR dan CDO Hardiman. Hardiman menyampaikan program ini merupakan bentuk kepedulian PT KTU terhadap desa binaan dan bantuan bibit jambu kristal diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa lingkar perusahan KTU.

“Diharapkan pemberian bibit jambu kristal ini dapat berkembang, sehingga akan semakin banyak pemberian bantuan bibit di desa lainnya. Kami mengupayakan Koto Gasib menjadi sentra pengembangan jambu kristal,” ujarnya.

Lahan BPP kecamatan seluas 1,5 Ha bekerja dengan perusahaan ke depan akan diwujudkan menjadi agrowisata dan edukasi, dalam kesempatan ini perdana di tanam jambu kristal.

Kabid Dinas Pertanian Suwandi mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT KTU yang turut andil dalam mensejahterahkan masyarakat, khususnya di Kecamatan Koto Gasib. 

Bantuan ini menjadi solusi untuk terus mengembangkan potensi usaha masyarakat dan poktan.

Adanya pemberian bantuan bibit buah jambu kristal dari perusahaan sangat membantu memajukan usaha kelompok tani di sini. 

“Saya mengharapkan kelompok tani dapat mengembangkan bibit jambu kristal yang nantinya akan menambah pendapatan masyarakat Kecamatan Koto Gasib,” ujar Suwandi.

Ketua Kontak Nelayan Andalan (KTNA) Hendro Satrioko yang turut hadir bersama anggotanya, ia mengatakan bahwa pemberian bibit jambu kristal akan dibudidayakan secara maksimal, mengingat jenis tanaman ini belum pernah dikembangkan di Kecamatan Koto Gasib dan akan menjadi potensi agrowisata.

“Kami akan belajar cara merawat dan mengembangkan jambu kristal untuk kedepannya dapat dikelola dan dipraktikkan oleh masyarakat desa sebagai upaya menambah pendapat ekonomi,” ujarnya saat menerima bibit jambu kristal.

Pada kesempatan ini Camat Koto Gasib Dicky Sofyan juga mengucapkan terima kasih kepada PT KTU yang telah memberikan program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan jambu kristal untuk kelompok tani KTNA di Kecamatan Koto Gasib dalam rangka peningkatan ekonomi kemasyarakatan dan mewujudkan andalan agrowisata di Kecamatan Koto Gasib.

Administratur PT KTU Hubbal K Sembiring menyampaikan dengan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di desa sekitar PT KTU, harapannya program ini bisa dirasakan oleh masyarakat, dan berdampingan dengan perusahaan dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera,Program Astra Kreatif dalam hal ini jambu kristal kepada kelompok tani di desa sekitar perusahaan.

Laporan : Ph1
Editor : And