Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Ketua LAM Minta Nama Syarifah Sembilan di Ganti

Polemik Nama Taman di Kecamatan Sungai Apit

Ketua LAM Minta Nama Syarifah Sembilan di Ganti

by Admin - Rabu, 11 November 2020

Plang Nama Taman Syarifah Sembilan di Kecamatan Sungai Apit

SIAK, Petah.id - Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Wan Said desak Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Siak untuk menghapus nama Syarifah Sembilan sebagai nama Taman di Kecamatan Sungai Apit serta diganti dengan nama yang layak.

Dikatakannya, pihaknya sudah dua kali pergi ke Kecamatan Sungai Apit bertemu Ketua LAM Kecamatan Sungai Apit dan kekantor penghulu Tanjung Kuras untuk melihat makam yang disebut-sebut makam Syarifah Sembilan.

"Dari akal sehat kami tak pecayo itu makam, tapi kalau benteng kami pecayo. Memang disitu terlihat banyak makam, namun kalau dilihat dari batu  itu abad ke-17 sementara perang sama portugis itu abad ke-15," kata Ketua LAM Siak Wan Said,  Selasa (10/11/2020) malam.

Sementara itu, lebih jauh dikatakan Wan Said, abad ke-17 itu banyak makam pejuang sewaktu agresi belanda. Ia pun mengaku dirinya memiliki data yang lengkap soal itu semua.

"Kami punya data yang lengkap soal itu, LAM ingin menyelesaikan persoalan ini diselesaikan dengan baik-baik," terangnya.

LAM sendiri, tambah Wan Said, sudah menyurati dan mengusulkan kepada Bupati Siak, DPRD Siak dan berbagai lintas OPD untuk menghapus nama Syarifah Sembilan yang melekat di taman Kecamatan Sungai Apit itu.

"Nama Taman Syarifah Sembilan itu harus dihapus dan ditukar dengan nama yang layak, kami sudah usulkan itu kepada Bupati dan DPRD Siak," tegas Ketua LAM Siak.

Dalam kesempatan itu, Wan Said juga mengajak kepada generasi muda sebagai penerus untuk menggali sejarah sesuai dengan fakta dan kaidahnya agar memang ini bisa lestari hingga di masa mendatang.

"Marilah kita sama-sama menghargai para pahlawan kita,tanpa jasa mereka tak mungkin kita sampai seperti sekarang ini,"pungkasnya.


Laporan : Ph1
Editor : And