Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Dinsos Akan Bantu Warga Dayun yang Rumahnya Rusak Akibat Puting Beliung

Dinsos Akan Bantu Warga Dayun yang Rumahnya Rusak Akibat Puting Beliung

by Petah - Rabu, 03 Maret 2021

SIAK, Petah.id - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak, Wan Idris sampaikan pihaknya sudah berikan sejumlah paket bantuan untuk meringankan beban warga yang terkena musibah.

"Dapat informasi tersebut kami langsung kelapangan dan memberikan bantuan berupa sembako, pakaian dan makanan lainnya," kata Wan Idris, Rabu (3/3/3021) siang.

Dinas Sosial masih menunggu proposal dari pihak Kecamatan Dayun untuk dibantu dalam bentuk uang bagi warga yang rumahnya rusak.

" Nanti proposal itu kita verifikasi, kita pastikan betul mana yang rusak berat, sedang, dan ringan," kata Wan Idris.

Selanjutnya, kata Wan Idris, setelah diverifikasi pihaknya akan antar langsung ke Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk bisa dicairkan.

"Jika tak terkendala, proses itu paling lama satu bulan," jelasnya.

Masih kata Wan Idris, melalui verifikasi yang ketat kita akan menentukan jumlah per rumah yang akan dibantu untu meringankan beban warga.

" Yang rusak berat akan dibantu Rp10 juta, rusak sedang Rp7,5 juta dan rusak ringan akan mendapat Rp5 juta. Kategori itu akan kita verifikasi secara serius," ungkapnya.

Wan Idris berharap bantuan itu nantinya dapat meringankan beban warga Kampung Sialang Sakti apalagi di kondisi pandemi dimana masyarakat kesulitan ekonomi.

"Mudah-mudahan bisa membantu warga yang tertimpa musibah, dan warga diberikan kesabaran. Apalagi di tengah pandemi covid-19 ini masyarakat semakin kesulitan ekonomi, jadi pemerintah wajib hadir," imbuhnya.

Sebelumnya, angin puting beliung menimpa Kampung Sialang Sakti, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Akibat musibah itu, sebanyak 52 rumah di daerah tersebut rusak.

Peristiwa puting beliung terjadi begitu cepat dengan diawali hujan lebat dan tiba-tiba datang angin kencang.

Penghulu Kampung Sialang Sakti, Mualim mengatakan peristiwa tersebut terjadi di wilayahnya pada Jumat, 26/2/2021 pukul 15.00 Wib.

"Benar adanya musibah angin puting beliung itu, kejadiannya sangat cepat sekali terjadi dan diikuti hujan sangat lebat dan angin yang kencang. Ada 52 KK yang kondisinya rumahnya rusak," kata Penghulu Kampung Sialang Sakti, Mualim, Minggu (28/2/2021).

Diceritakan Mualim kondisi rumah warga yang rusak parah tersebut kondisi atap seng beterbangan dibawa angin, tiang tiang rumah ambruk.

"Atap rumah warga beterbangan dan kondisi dalam rumah warga basah karena hujan lebat yang disertai angin," kata Mualim.

Saat ini pihaknya, kata Mualim, sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Pemerintah Kecamatan Dayun dan Dinas Sosial Kabupaten Siak.

Laporan : Ph1
Editor : And