Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Cegah Karhutla Gelombang ke Dua, Manggala Agni Siak Terjunkan Tim Patroli

Cegah Karhutla Gelombang ke Dua, Manggala Agni Siak Terjunkan Tim Patroli

by Petah - Selasa, 15 Juni 2021

Siak, Petah.id - Provinsi Riau dan khususnya Kabupaten Siak mempunyai dua gelombang musim kemarau yaitu pada bulan Februari - Maret dan pada rentang Juli - Oktober. 

Memasuki musim kemarau pada periode yang ke dua ini, Manggala Agni Daops Sumatera VI Siak kembali melakukan patroli terpadu dan patroli rutin untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Demikian dikatakan Kadaops Manggala Agni Daops Sumatera VI, Ihsan Abdillah mengatakan patroli terpadu dilaksanakan di empat posko yaitu Kampung Teluk Lanus, Desa Penyengat Kecamatan Sei Apit, Kabupaten Siak, Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit batu Kabupaten Bengkalis dan Desa Kulit Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Patroli rutin selalu dilakukan lima desa yg rawan terjadinya karhutla berdasarkan pantauan dan analisa BMKG," kata Ihsan kepada Petah.id.

Kegiatan tim dilapangan, lanjut Ihsan, selain melaksanakan patroli pencegahan juga melakukan sosialisasi dari rumah kerumah penduduk, melakukan Grounchek hotspot jika ditemukan dilapangan, pengecekan sumber air dan pengukuran water level air.

"Kegiatan ini sebagai diteksi dini supaya ruang terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat dipersempit dan apa bila ditemukan kebakaran hutan dan lahan tim akan langsung melaksanakan Pemadaman agar kebakaran tidak meluas," jelasnya.

Untuk bulan Juni tahun 202, kata Ihsan lebih jauh, kegiatan akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dan kembali akan dilanjutkan pada bulan bulan berikutnya.

Ihsan Abdillah mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama yg berada untuk dapat bersama mencegah terjadinya karhutla agar dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

"Dan juga memastikan padam disaat membakar sampah dan jangan membuka lahan dengan cara dibakar," imbaunya.

Laporan : Ph1
Editor : And