Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita Bernilai Sejarah Tinggi, Pjs Bupati Siak Pesankan Agar Menjaga dan Merawat Istana

Bernilai Sejarah Tinggi, Pjs Bupati Siak Pesankan Agar Menjaga dan Merawat Istana

by Admin - Rabu, 18 November 2020

Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman Mencuci Tangan Sebelum Masuk ke Istana Siak

SIAK, Petah.id - Paska dibukanya Istana Siak setelah lama ditutup karena pandemi covid-19, Pjs Bupati Siak Indrq Agus Lukman kunjungi Istana Asyerayah Al Hasyimiyah, Selasa (17/11/2020) petang.

Kunjungan Pjs Bupati Siak itu tepat pada hari ke Empat dibukanya kembali Istana Siak setelah masa pandemi covid-19.

Kesempatan itu ia manfaatkan dengan baik, Indra Agus Lukman melihat dengan seksama peninggalan bersejarah milik kerajaan dan membuatnya berdecak kagum. Mulai dari foto-foto, lukisan, keramik dari Eropa dan Cina serta komet atau gramophone dan cermin permaisuri dan banyak lagi membuatnya terkagum-kagum.

“Saya beberapa kali ke istana ini, namun baru kali ini saya melihatnya satu persatu. Bertanya dengan petugas yang tentunya tahu banyak tentang benda-benda bersejarah Melayu yang ada di dalam istana. Saya sengaja meluangkan waktu untuk melihatnya,” ungkap Pjs Indra Agus Lukman.

Terlihat jelas sejarah Siak yang sangat luar biasa. Perjalanan panjang dari masa ke masa ada di dalam istana. 

“Benda-benda itu, memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jadi selain dijaga agar tidak hilang, juga harus dirawat,” ungkap Pjs Bupati Indra Agus Lukman.

Dengan dirawat, keasliannya akan tetap utuh dari masa ke masa. Dan hal itu memang harus dilakukan untuk diwariskan ke anak cucu.

“Sebab, ke depan akan banyak orang-orang yang akan belajar dengan cara melihat peninggalan bersejarah di istana. Jadi memang harus dijaga dan dirawat,” ucapnya.

Disinggung antusiasme warga yang melakukan kunjungan setelah sempat ditutup. Disebutkannya hal itu menunjukkan masyarakat memang masih mencintai sejarah. Dan sekali lagi, saatnya benda benda bersejarah itu dijaga dan dirawat, sebagai warisan untuk generasi yang akan datang.

Laporan : Ph1
Editor : And