Siak Sri Indrapura, Riau, Indonesia Tentang Kami Kontak
Home Berita 12 Ribu Masker Didistribusikan PCNU Care-Lazisnu Kabupaten Siak

12 Ribu Masker Didistribusikan PCNU Care-Lazisnu Kabupaten Siak

by Petah - Selasa, 24 Maret 2020

SIAK, Petah.id -Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lazisnu Kabupaten Siak membagikan masker kepada pengurus Majelis Wakil Cabang NU untuk dibagikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.


Untuk tahap pertama ini, masker didistribusikan di MWC NU Tualang. Penyerahan dilakukan Sekertaris PC Lazisnu Kabupaten Siak Didik Herwanto. Total ada 12 ribu masker yang disiapkan dan akan didistribusikan di Kabupaten Siak.


"Untuk pertama ini kami distribusikan untuk MWC NU Tualang dulu. Mengingat tingkat kerawanan di sana kan cukup tinggi. Kita tahu Tualang itu kota dengan lalu lintas orang yang cukup tinggi. Maka fokus antisipasinya kita mulai dari sana dulu," ujar Didik Herwanto, Selasa (24/03/2020).


Meskipun begitu, kata dia, bukan berarti daerah lainnya di Siak tidak rawan. Hanya saja yang diutamakan adalah kawasan perkotaan yang memiliki risiko tinggi karena jadi pusat kerumunan orang.


"Semua daerah bisa saja memiliki kerawanan yang sama. Tapi kita bisa melihat dan menganalisa potensinya. Perkotaan ini kami anggap paling rawan. Namun, tetap kami memperhatikan penetapan dan arahan pemerintah, mana yang paling rawan. Kami akan terjun untuk pendistribusian," urainya.


Selain pendistribusian masker, PC Lazisnu lanjut Didik, juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Seperti tempat ibadah, pasar, pondok pesantren dan tempat tempat lainnya.


Di samping itu, PC Lazisnu juga sedang berkordinasi dengan Pengurus Besar Lazisnu agar mendapat bantuan handsanitizer.


"Iya kami sedang mengupayakan itu. Kami sedang melakukan koordinasi dengan PB Lazisnu. Semoga saja segera dikabulkan," katanya.


Upaya pencegahan Covid-19 adalah tanggung jawab semua warga negara. Masyarakat, organisasi masa, pemerintah dan siapa saja wajib bergotong royong menekan penyebaran virus mematikan tersebut. Untuk itu Nahdlatul Ulama melalui lembaga filantropinya yakni NU Care-Lazisnu ikut mengambil peranan melalui dana infak dan sodaqoh warga Nahdliyin.


Ke depan jika situasinya semakin menghawatirkan PC NU Care-Lazisnu juga akan mendirikan posko tanggap Covid-19.


"Bantuan ini bersumber dari dana infak dan sodaqoh warga Nahdliyin melalui program Koin NU yang telah berjalan di beberapa kecamatan se-Kabupaten Siak. Nantinya kami juga akan mendirikan posko. Tapi jika situasinya sudah pada status merah berdasarkan penetapan pemerintah," pungkasnya.

Laporan : Handri