DPMPTSP Siak Raih Prestasi Pelayanan Prima

SIAK, Petah.id - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak mendapat penghargaan Pelayanan Prima dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Penghargaan itu diterima Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak Heriyanto di ballroom  Ritz-Carlton Hotel Jakarta pada Selasa (9/3) pagi.

Dikatakan Tjahjo Kumolo, ada enam aspek yang menjadi bahan penilaian dari pihak kementerian, antara lain, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Kemen-PAN-RB mengumumkan hasil evaluasi kinerja dan pemberian penghargaan penilaian kerja unit penyelenggara pelayanan publik untuk 2020, setelah melakukan evaluasi kerja unit penyelenggara pelayanan publik pada lingkungan pemerintah daerah.

“Penghargaan diberikan untuk instansi pemerintah yang berhasil meraih predikat A atau pelayanan prima. Penghargaan ini diberikan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Berdasarkan hasil evaluasi 2020, Kabupaten Siak masuk dalam kategori penyampaian hasil evaluasi unit pelayanan publik (UPP) kategori sangat baik, hasil dari evaluasi lingkup pemerintahan daerah. 

Ada juga enam menteri/pimpinan lembaga dan empat kepala daerah mendapatkan predikat sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Prima. Serta sebanyak 31 UPP di tingkat kementerian, lembaga dan pemda akan mendapatkan predikat pelayanan prima.

Atas capaian itu, Kepala Dinas PMPTSP Siak Heriyanto mengatakan bahwa penghargaan seperti ini sudah 3 kali diboyong pihaknya.

"Ini penghargaan ke 3 kalinya, penghargaan pertama dan dan ke dua sebagai terbaik, kalau yang ini prestasi dari pelayanan Prima," kata Heriyanto, Selasa (9/3/2021).

Kata Heriyanto, penghargaan pelayanan prima tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam aspek pelayanan.

"Kalau mendapat penghargaan pelayanan prima artinya pelayanan kita di daerah untuk  masyarakat dan pelaku usaha sudah tahap sempurna," jelas Heriyanto.

Penghargaan itu semua, tambah Heri, merupakan komitmen Bupati Siak Alfedri dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Siak dan pelaku usaha.

" Penghargaan ini tak lepas dari komitmen Bupati Siak Alfedri dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," kata Aparatur Negeri Sipil (ASN) terbaik di Indonesia itu.

Kendati demikian, hal yang diperoleh saat ini tentu dengan kerja keras dan komitmen tinggi kepala daerah yang terus menjalin komunikasi dan bersinergi dengan setiap lapisan masyarakat.

"Butuh kerja keras untuk mendapatkannya dan akan lebih sulit lagi mempertahankannya," kata Dia.

ke depan, kata Heri lebih jauh, dinasnya akan melakukan terobosan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sudah membuat  kedai pelayan publik di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pelayanan perizinan,”
sebut Heriyanto.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kinerja mereka. Apa yang diraih saat ini bukan kerja sendiri tapi kerja semua pegawai dan honorer yang ada di lingkup DPMPTSP.

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari kerja keras dan kekompakan kita selama ini. Teruslah memberikan yang terbaik untuk kabupaten yang kita cintai ini,” sebut Heriyanto.

Laporan : Ph1
Editor : And
Bagikan berita ini melalui :